Minggu, 28 Februari 2016

PKS Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Donor Darah Sukarela.

Tanjung Kesuma (28/02/16). Puluhan warga yang berasal dari Desa Tanjung Kesuma dan warga  desa  lain di Kecamatan antusias menghadiri program pemeriksaan kesehatan Gratis. Bahkan mereka rela berdiri di antrian untuk mengikuti Tes Golongan Darah, Kadar gula darah, dan Donor Darah Sukarela.
Acara yang diselenggarakan Oleh DPD PKS Lampung Timur ini dipusatkan di Kediaman Hi. Nurdin, Dusun 3 Desa Tanjung Kesuma. Pada Donor Daras Sukarela ini PKS Bekerjasama dengan PMI UTDC Lampung Timur.
Acara ini di pimpin langsung oleh Nur Fauzan (Ketua DPD PKS Lampung Timur), didampingi Pengurus Pimpinan Ranting Kecamatan Purbolinggo.

Acara dihadiri juga oleh Kepala Desa Tanjung Kesuma dan Jajaran Pemerintahan Desa Tanjung Kesuma.
Menurut Fauzan acara ini merupakan Program Rutin bulanan yang diselenggarakan bergilir di tiap kecamatan.
Tujuan Kegiatan ini  adalah untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga kesehatan. Dengan melakukan pemeriksaan rutin ada adar gula data maka diharapkan warga bisa lebih bijak dan bisa menerapkan pola hidup sehat.
Pemeriksaan golongan darah dimaksudkan untuk memberikan informasi dan data dasar kesehatan.
Fauzan juga menggarisbawahi bahwa dengan mengetahui golongan darah, banyak manfaat yang bisa diperoleh warga. Baik untuk yang bersangkutan atau untuk tetangga dan kerabatnya.
Dengan tersedianya data golongan darah di tingkat RT, Dusun hingga Desa, maka akan sangat membantu. 
Pada saat  salah satu warga membutuhkan golongan darah tertentu maka database golongan darah bisa di akses dan memudahkan mencari pendonor darah dengan golongan yang sama.
Fauzan juga mengajak organisasi lain seperti Karang Taruna Desa untuk bisa bekerjasama melakukan kegiatan sejenis sehingga pendataan golongan darah ini bisa menjangkau seluruh warga.
Antusias untuk memeriksakan kesehatan rupanya tidak hanya dari warga  desa Tanjung Kesuma, tercatat beberapa warga dari desa lain di Kecamatan Purbolinggo juga turut hadir baik untuk memeriksakan diri atau untuk mendonorkan darahnya secara sukarela.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar