Sabtu, 16 Januari 2016

Rembuk Warga Tentang Keamanan Lingkungan

Sabtu, 16 Januari 2016 warga Dusun IV Tanjung Kesuma  melaksanakan rembuk dusun. Acara yang diprakarsai Kepala Dusun IV ini dihadiri oleh puluhan warga, Kasi Keamanan dan Ketertiban, Kaur Pemerintahan, Kasi Pertanian, Anggota LPMD, RT dan tokoh pemuda.
Suwanto (Kepala Dusun IV), berterimakasih kepada tuan rumah (Dadang Suryana), dan seluruh warga yang sudah hadir. Tujuan pertemuan malam ini adalah untuk.membahas tentang Keamanan Lingkungan.
Mencermati kondisi saat ini sudah 2 warga yang kehilangan.hewan.ternak. Bagaimana kita semua bisa menyikapi dan mengantisipasi wilayah Dusun kita yang sudah di jadikan tempat bertindak kriminal.
Dadang Suryana selaku fasilitator, menyampaikan turut prihatin dengan musibah yang menimpa.warga.
Wilayah kita 80 % memiliki kendaraan bermotor dan hewan ternak. Kita pasti tidak rela wilayah Dusun kita menjadi jajahan para pencuri.
Kenapa maling dalam satu bulan masuk ke Desa kita. Menurut Suwanto Kondisi yang gelap baik di sekitar rumah, dan pos penjagaan dan tim ronda.
Menurut Suwito Ketua RT 14
menggiatkan jadwal ronda.
Sipon mengusulkan untuk merubah jadwal ronda.
Bagaimana jalan( akses) masuk pencuri ini di halangi.  Setidaknya kita bisa meminimalisir.
Jahidin Mensinyalir bahwa pencuri memiliki persiapan yang cukup matang dan rapih. Kita perlu meningkatkan kamtibmas. Ronda itu bukan hanya malam, dengan berkumpul di satu tempat. Tapi ronda setiap saat.
meminimalkan kegiatan survai lokasi oleh kawanan pencuri yang bisa saja dilakukan siang hari.
Kejahatan itu karena ada kesempatan. Sepeda motor kita saja yang didalam rumah bisa kebobolan. Apalagi sapi yang ada dikandang dan ditaruh diluar. Masing masing orang harus mengantisipasi.
Dalam rembuk tersebut disepakati:
1. Memasang Lampu di batas luar dusun sebanyak 35 titik dengan sumber arus dari 35 rumah warga. 
2. Biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan pemasangan ini sebesar 6,3 juta.
3. Biaya ini di tanggung oleh 193 Kepala keluarga dengan nilai Rp.35.000/KK
4. Pengurus:
Ketua Pelaksana : Slamet
Sekretaris            : Elis
Bendahara           : Uus Sofyan
Humas.                : Sabar, Yuniarto, Simin, Hamim.
Pembahasan selanjutnya mengenai perubahan jadwal ronda di Dusun IV yang dipimpin oleh Kepala Dusun.
Dalam sambutannya, Sugianto HS. Kepala Desa Tanjung Kesuma mengapresiasi inisiatif rembuk warga dan partisipasi seluruh warga masyarakat.
Kedepan mari diefektifkan lagi jadwal ronda. Ronda adalah kewajiban kita sebagai warga masyarakat. Yang perlu dibahas adalah berkenaan dengan aturan dan sangsi.
Mengenai pengontrolan akan dikoordinasikan di pemerintahan desa, karena ini juga menjadi tanggung jawab pemerintah desa.
Langkah besar kedua adalah adalah penerangan di pinggir dusun. Gagasan ini semoga bisa dilaksanakan dan menjadi kemudahan.
Tim Pelaksana perlu menjelaskan ke warga masyarakat mengenai fungsi program ini. Setelah ini tim.Pelaksana silakan berkoordinasi.
Terimakasih secara khusus kepada pak Dadang Suryana yang sudah menginisiasi acara ini.
Dengan niat baik kita semua semoga langkah ini diberi kemudahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar