Kamis, 13 November 2014

Refleksi Napak Tilas Tapal Batas

Napak Tilas Tapal Batas
10 Orang Pemuda melewati 11titik pemberhentian si saksikan dan di dampingi oleh 14 tim pendukung.

Nama peserta: 
1. Emon Saputra (Dusun III)
2. Supiyan
3. Jumanto (Dusun III)
4. Ahmad Khusaini (Dusun V)
5. Aji Suhendra (Dusun V)
6. Romi Dermawan  (Dusun V)
7. Suratmin (Dusun VI)
8. Dudu Budianto (Dusun IV)   
9. Aprijal Dwi Yulianto          
10. Andi Suhendra.  

2.Tim Pendukung.. 

1. Suyatno SP.
2. Purwanto
3. Dadang Suryana
4. Giarto                    
5. Miskanto                
6. Siswanto                            
7. Uus Sopiyan                 
8. Jefri A.S., S.Kom.                         
9. Sumirah, S.Pd.  
10. H.Tumino                            
11. Pelda. Dili Supiyanto               
12. Hamim
13. Erna
14. Useng

Acara Penyambutan Tim Napak Tilas Tapal Batas Desa.

Senin 14.30 wib, Tim Napak Tilas Tqpal Batas, tiba di balai desa. Mereka disambut oleh Kusno Waluyo, S.Pt.,M.M. (Ketua BPD), Mulyanto,S.Pd. ( Ketua LPMD) dan Useng (Sekretaris Desa) Tanjung Kesuma.

Acara Penyambutan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang di pimpin Oleh Sutini selaku dirigen. Suasana khidmat langsung terasa di ruangan Balai Desa Tanjung Kesuma.
Rasa lelah setelah menempuh perjalanan  mengelilingi batas luar desa, seolah sirna seketika pada saat tim dengan bersemangat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mengikat rasa nasionalisme dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Sambutan Pemuda Tanjung Kesuma
Tim Napak Tilas Tapal Batas Desa
Disampaikan Pada Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2014.

Assalamualaiku Wr. Wb.
Bapak Kepala Desa Tanjung Kesuma beserta jajaran Pemerintah Desa yang Kami Hormati
Bapak  Ketua LPMD Tanjung Kesuma beserta Anggota
Bapak Ketua BPD Tanjung Kesuma beserta Anggota
Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Hadirin yang berbahagia.

Pertama tama marilah kita panjatkan Puji Syukur kita Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua sehingga dihari yang bersejarah ini kita masih dipertemukan dalam keadaan sehat dan tak kurang satu apapun.

Sholawat dan salam mari senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita nabi Muhammad S.A.W yang kita teladani kepahlawanannya juga kita nantikan safaatnya di yaumil akhir nanti. Aamiin....

Bapak Ibu Hadirin Sekalian. Sebelumnya kami menyampaikan rasa haru  kami atas penyambutan yang dilaksanakan hari ini. Kami selaku pemuda merasa sangat tersanjung atas respon pemerintahan desa dan jajarannya terhadap langkah kecil kami sebagai pemuda Tanjung Kesuma untuk memperingati Hari Pahlawan Tingkat Desa Tanjung Kesuma.

Kami bukan bermaksud menunjukan keinginan kami menjadi pahlawan. Namun kami ingin memaknai hari Pahlawan sebagai bentuk rasa hormat kami kepada para pendiri desa yang telah bekerja keras merintis Tanjung Kesuma hingga bisa menjadi tanah kelahiran kami, tempat tumbuh dan berkembang nya harapan harapann kami, hingga tempat kami menaruh rasa bangga kami kepada Desa ini.

Tanpa perjuangan yang tulus dari Para Pendiri Desa, yang mungkin salah satunya itu adalah buyut, kakek, dan orang tua kita semua tidak mungkin lahir Tanjung Kesuma hingga sekarang ini saat ini.

Oleh karena itu izinkan kami Pemuda untuk memberikan rasa hormat kami kepada mereka semua.

Tidak kalah pentingnya kami juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Jajaran Pemerintahan dan Organisasi Desa yang telah memberi Ruang dan Peran kepada kami Pemuda Tanjung Kesuma untuk juga turut membangun desa dengan cara yang berbeda.

Hari ini  kami melakukan Napak Tilas Batas Desa. Kami tidak sekedar mempertegas batas desa secara administratif, namun kami sedang coba memupuk  dan meperdalam rasa cinta kami kepada Desa ini. Dengan mengerti batas desa, bukan untuk membatasi pola pikir kami tentang desa ini.  Dengan menelusuri batas desa ini kami justru belajar untuk tidak membatasi kebanggaan, harapan dan rencana kami dalam turut berpartisipasi membangun desa ini.

Napak tilas ini akan kami jadikan tonggak Apresiasi sekaligus Penghimpun Pemuda Tanjung Kesuma. Harapan kami bisa menjadi sarana mempelajari sekaligus mengembangkan potensi Desa ini kedepan.

Melalui Napak Tilas Tapal Batas ini kami juga melakukan penentuan koordinat Batas Desa dengan GIS (Geography Information System) dengan peralatan GPS (Global Position System). Sebagai Informasi awal yang bisa dijadikan bahan untuk pemetaan desa yang lebih akurat dan partisipatip.
Izinkan kami mempersembahkan karya kecil kami ini kepada desa  Tercinta ini, sekaligus sebagai tanda komitmen kami untuk berpartisipasi membangun desa ini.

Akhirnya kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yabg telah membantu terlaksananya acara Napak Tilas Tapal Batas, semoga menjadi amal kebaikan kita semua. Aamiin.
Semoga Allah selalu meridhoi  langkah kita kedepan dan menjaga komitmen seluruh pihak dalam membangun Tanjung Kesuma yang lebih baik dan memililiki peradaban yang bisa dibanggakan generasi penerus.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar