Kamis, 29 Oktober 2015

Refleksi Kegiatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 87 Desa Tanjung Kesuma

Pemuda menjadi bagian penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.
Oleh karena itu, dalam mengisi kemerdekaan ini pemuda juga menjadi bagian dalam pembangunan.
Untuk membawa spirit pemuda pejuang kemerdekaan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu pengikat persatuan dan persatuan pemuda.
Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 87, Pemuda Pemudi yang tergabung dalam Karang Taruna Kesuma Dirgantara bekerjasama dengan warga masyarakat Dusun 3 desa Tanjung Kesuma, menggelar kegiatan Upacara bendera.
Kegiatan ini dilakukan di tengah persawahan Dusun III. Tepat berada di sisi Jalan Lintas Timur Sumatera.
Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari pemuda pemudi anggota dan pengurus Karang Taruna, jajaran aparatur pemerintah desa Tanjung Kesuma, Pengurus dan Anggota Lembaga/organisasi desa (LPMD, BPD, PKK, GAPOKTAN dll.) dan segenap warga masyarakat.
Acara juga dihadiri Tamu Undangan yang terdiri dari Uspika (Unsur Pimpinan Kecamatan Purbolinggo, Komunitas Motor Adventure, Komunitas Sepeda Ontel SOPAN Purbolinggo, dan Pengurus Karang Taruna Desa Tegal Ombo Way Bungur dan tamu undangan lainnya.
Acara ini dimeriahkan juga dengan penampilan Group Drumband Gita Perdana Kesuma yang dibawakan siswa siswi SDN 2 Tanjung Kesuma.
Kegiatan ini ternyata ampu menyedot perhatian warga masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua. Mereka selain ingin menyaksikan juga sekaligus mengikuti Upacara yang dilaksanakan didesanya.
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 87 ini  yang kedua kalinya digelar di Desa Tanjung Kesuma. Peringatan sejenis pernah dilaksanakan di dusun IV Tanjung Kesuma pada Tahun 2014.
Sugianto HS.(Kepala Desa Tanjung Kesuma) selaku pembina upacara menyatakan bahwa Karang Taruna adalah elemen penting di Desa sebagai Sarana Kaderisasi Pemerintah Desa, organisasi dan Lembaga Desa Tanjung Kesuma.
Dalam amanatnya, Kepala Desa juga berpesan bahwa Kiprah Karang Taruna menjadi bagian nyata dari partisipasi pemuda dalam membangun desa.
Pemerintah Desa Tanjung  Kesuma juga akan menempatkan pemuda  sebagai subyek Pembangunan desa kedepan. Kegiatan ini adalah upaya menjalin persatuan antar pemuda desa.
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 87 ini dilaksanakan atas prakarsa Pemuda Pemudi yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Kesuma Dirgantara Desa Tanjung Kesuma.
Usai pelaksanaan upacara, Drumband Gita Perdana Kesuma membawakan lagu lagu perjuangan. Mereka membawakan lagu lagu ini di tengah lokasi upacara dengan membentuk beberapa formasi.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan tim Motor  Adventure yang akan menaklukan tantangan alam Desa Tanjung Kesuma.
Beragam atraksi ditampilkan oleh tim Motor Adventure Purbolinggo Way Bungur yang di prakarsa Indra Erlangga Way Bungur.  Melewati medan ekstrim di areal persawahan, Anggota tim Adventure menampilkan kepiawaian dalam mengendarai motor trail.
Atraksi Puluhan anggota komunitas Motor Adventure ini mampu menyedot perhatian masyarakat Desa Tanjung Kesuma dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar